Bagaimana Cara Mengatasi Alergi Dingin Yang Mengganggu?

Bagaimana Cara Mengatasi Alergi Dingin Yang Mengganggu?
Bagaimana Cara Mengatasi Alergi Dingin Yang Mengganggu? Mungkin cuaca dingin atau musim hujan menjadi musuh terbesar bagi Anda yang punya alergi dingin. Pasalnya, kulit akan langsung bereaksi dengan munculnya ruam-ruam merah dan sensasi gatal yang mengganggu. Lantas, bagaimana cara mengatasi alergi dingin? Berikut penjelasannya.

Beragam cara mengatasi alergi dingin yang terbukti manjur

Tidak perlu buru-buru panik saat kulit memerah, bengkak, dan gatal-gatal karena alergi dingin. Berikut ini cara mengatasi alergi dingin yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Buat tubuh tetap hangat

Ini menjadi cara mengatasi alergi dingin paling utama yang harus Anda lakukan. Ya, pastikan tubuh Anda tetap hangat supaya kulit Anda tidak cepat bereaksi terhadap suhu dingin di luar.
Mulai memasuki cuaca dingin atau musim hujan, pastikan Anda selalu sedia jaket dan kaus kaki sebelum ke luar rumah. Begitu kembali ke rumah, segera pakai selimut supaya tubuh Anda tetap hangat. Alhasil, Anda akan terlindungi dari ruam kulit dan gatal-gatal.

2. Hindari pemicu

Cuaca dingin memang menjadi pemicu alergi dingin yang paling umum. Tetapi terkadang, berada di ruangan ber-AC, berenang, atau bahkan mandi pun juga bisa memicu gejala alergi dingin.
Untuk mengatasi alergi dingin, sebaiknya hindari pemicunya untuk sementara waktu. Kalau gejalanya mulai muncul setelah Anda terkena udara AC, segera pindah ke tempat yang lebih hangat. Begitu pula dengan berenang, berikan jeda sementara waktu sampai alerginya membaik.

3. Gunakan antihistamin

Sebetulnya, tidak ada obat khusus untuk mengatasi alergi dingin. Akan tetapi, ada beberapa obat alergi dingin yang umum diresepkan oleh dokter untuk mengurangi gejalanya.
Dokter biasanya akan meresepkan antihistamin untuk membantu meredakan biduran saat alergi dingin kambuh. Obat golongan steroid glukokortikoid juga dapat diresepkan – tergantung seberapa parah gejala alerginya.

4. Siapkan suntikan epinephrine (EpiPen)

Jika alergi dingin Anda cenderung parah, mudah kambuh, dan berisiko fatal, sebaiknya selalu sediakan EpiPen. EpiPen atau suntikan epinefrin digunakan sebagai senjata ampuh untuk menangkal reaksi alergi dingin yang berlebihan.
Itulah cara mengatasi alergi dingin yang bisa Anda lakukan. Namun demikian, pastikan Anda sudah mengantongi izin dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Ini bertujuan untuk mengurangi efek samping yang mungkin timbul.

Comments

Popular posts from this blog

BNPT Terus Berupaya Bentengi Mahasiswa Dari Ancaman Radikalisme

BNPT: Hati-hati Memilih Mentor, Mahasiswa Baru Rentan Terpapar Radikalisme

Tak Perlu Khawatir Jika Anak Terserang Flu Perut