Pimnas 2018 Diikuti Sebanyak 136 Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta Di UNY

Pimnas 2018 Diikuti Sebanyak 136 Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta Di UNY
Pimnas 2018 Diikuti Sebanyak 136 Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta Di UNY. Sebanyak 440 tim kreativitas mahasiswa dari 136 perguruang tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia mengikuti kegiatan Pekan ilmiah mahasiswa nasional (Pimnas) ke-31 tahun 2018 yang akan berlangsung di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), selama enam hari mulai Selasa-Minggu (28/8-2/9/2018).
Dari jumlah tersebut Universitas Brawijaya (UB) mengirimkan jumlah terbanyak, yaitu 25 tim. UNY sendiri mengirimkan 15 tim dan berada di urutan ke enam perguruan tinggi terbanyak dalam event tersebut. Tim yang mengikuti Pimnas ini sebelumnya sudah melalui seleksi dari Kemenristek Dikti.
Pimnas 2018 melombakan tujuh bidang, yaitu bidang penelitian eksakta, penelitian sosial humaniora, kewirausahaan, penganbidan kepada masyarakat, penerapan teknologi, karsa cipta dan gagasan tertulis. Pimnas selain melombakan presentasi, juga akan melombakan poster. Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) M Nasir direncanakan akan membuka langsung event tersebut di GOR UNY, Kamis (30/8/2018).
Rektor UNY, Sutrisno Wibowo mengatakan untuk pelaksanan Pimnas ini UNY tidak hanya ingin sukses dalam penyelenggaran namun juga peserta. Untuk itu perwakilan dari UNY diharapkan bisa memenangkan beberapa nomor yang diikutinya. UNY menargetkan dapat menempati lima besar Pimnas 2018. “Dengan persiapan yang matang diharapkan mahasiswa dapat tampil baik,” ujar Sutrisno kepada media soal penyelenggaraan Pimnas 2018 tersebut di kampus UNY, Yogyakarta, Senin (27/8/2018).
Tetapi yang lebih penting lagi, nantinya kreativitas mahasiswa tersebut tidak hanya selesai setelah pelaksanaan Pimnas, namun tetap dapat berlanjut. Karena inovasi dan riset yang mereka lakukan berpotensi untuk dikembangkan. Sehingga tidak hanya berhenti pada presentasi tanpa ada tindak lanjutnya.
“Pengembangan dan keberlanjutan dari inovasi dan riset mahasiswa itu perlu fasilitasi dari kementerian,” harapnya.
UNY sendiri berharap hasil Pimnas juga akan berpengaruh pada kehidupan akademis di kampus tersebut. Hal ini juga untuk mendukung target UNY yaitu menjadi perguruan tinggi unggul di Asia Tenggara tahun 2019. UNY untuk klasterisasi nasional tahun 2018 masuk dalam klaster unggul, yaitu di klaster 1 nasional.
Sementara Wakil Rektor III UNY Sumaryanto menambahkan, selain melombakan tujuh bidang tersebut dalam Pimnas ini juga akan ada lomba pendamping, gelas poster ilmiah, city tour dan sarasehan yang akan membahas program kemahasiswaan. Sekaligus membahas tuan rumah Pimnas 2019.
“Untuk pengumuman pemenang Pimnas sendiri baru akan diumumkan saat penutupan, 2 September mendatang. Sehingga setelah selesai presentasi belum akan dimumkan siapa pemenangnya,” tambahnya.

Comments

Popular posts from this blog

BNPT Terus Berupaya Bentengi Mahasiswa Dari Ancaman Radikalisme

Kenali 5 Ciri Dan Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening Yang Paling Umum

Tak Perlu Khawatir Jika Anak Terserang Flu Perut